Pentig!!! RAHASI DI BALIK PUASA SENIN KAMIS UNTUK KESEHATAN YANG BELUM DIKETAHUI

Posted on

Di abad modern ini ilmu pengetahuan telah mampu menguak manfaat perintah-perintah ibadah Islam dalam hubungannya dengan kesehatan tubuh. Perkembangan sains tidak hanya menjadikan manusia semakin mengerti hal-hal yang tadinya tidak terjangkau dalam pikiran namun juga berhasil membuat manusia kembali menengok ajaran-ajaran agama Islam, salah satunya perintah puasa Senin Kamis.

Lalu menurut sains, apakah manfaat puasa Senin Kamisyang diajarkan Rosulullah sholallahu alaihi wa sallam tersebut? Berikut kami rangkum dalam 10 manfaat puasa Senin kamis bagi kesehatan tubuhmu, semoga menginspirasi.

1. Ketajaman Berfikir Hari Senin hingga Jumat adalah hari aktif bekerja. Kamu dituntut untuk menyelesaikan tugas-tugas dan mencari solusi dari setiap masalah dalam pekerjaanmu. Puasa Senin Kamis adalah siklus yang sangat tepat karena mampu menjaga ketajaman berfikir pada puncak kegiatanmu tersebut. Saat kekenyangan, tubuh akan mengalokasikan oksigen yang sangat banyak dalam membantu proses metabolisme di dalam lambung hingga usus. Suplai oksigen ke otak dalam kondisi seperti itu akan sangat minim. Namun puasa Senin dan Kamis akan mengubah ritme harian tersebut. Suplai oksigen yang maksimal pada hari itu membuat otak mampu bekerja maksimal untuk membuka sinaps dalam menerima neurotransmiter dan mengaktifkan sel-selnya. Maka jangan heran kalau orang yang sering puasa Senin Kamis akan lebih cerdas.

2. Menyehatkan Pembuluh Darah Semakin hari pembuluh darah kita yang tadinya lentur dan longgar akibat penumpukan lemak jenuh dan kolesterol akan menjadi mengeras dan sempit. Jika sudah begitu maka tekanan darah akan naik. Pada tingkat yang akut hal tersebut akan mengakibatkan pecahnya pembuluh darah saat jantung dipompa melebihi kondisi biasanya (saat olah raga atau stress). Inilah yang disebut dengan stroke yang bisa mengakibatkan kelumpuhan bahkan kematian. Berpuasa Senin Kamis secara teratur ternyata dapat mereduksi penumpukan lemak jenuh dan kolesterol pada dinding pembuluh darah. Walaupun usia sudah tua, orang yang rutin berpuasa Senin Kamis mempunyai pembuluh darah yang senantiasa sehat.

3. Menormalkan Denyut Jantung Selain dipengaruhi oleh meningkatnya hormon adrenalin, ritme denyut jantung juga dipercepat karena pembuluh darah yang menyempit dan keras. Lebih jauh, peningkatan kerja jantung juga dipengaruhi karena kekentalan darah (viskositas) yang tinggi. Tingginya denyut jantung dapat membuat kamu berdebar-debar atau mudah marah. Ternyata puasa Senin Kamis mampu menormalkan kerja jantung dengan cara menjaga kesehatan pembuluh darah dan menurunkan viskositas plasma darah. Apakah kamu suka sensi dan marah-marah? Mungkin kamu bisa mencoba merutinkan puasa Senin Kamis.

4. Mereduksi Tumpukan Lemak dalam Tubuh Banyak wanita maupun laki-laki menginginkan tubuh yang ideal, yang bebas dari tumpukan lemak dan selulit. Pada kondisi penuh dengan makanan (glukosa), tubuh akan memecah glukosa untuk mendapatkan energi (ATP). Saat berpuasa kandungan glukosa dalam darah sangat minim, sehingga digunakanlah cadangan energi lain yaitu lemak. Dengan merutinkan puasa Senin Kamis maka tubuh akan menggilir lemak di seluruh bagian tubuh (di bawah kulit dan perut) untuk dibakar. Pada jangka panjang, puasa Senin Kamis akan membuat tubuhmu menjadi ideal bentuknya karena terbebas dari jejalan lemak.