komentar Arcandra Tahar setelah dicopot Jokowi

Posted on

Presiden RI Joko Widodo resmi mencopot Menteri ESDM Arcandra Tahar. Posisinya digantikan sementara oleh Luhut Binsar Pandjaitan, yang juga Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman.

Setelah tidak menjabat lagi, Arcandra langsung kembali ke rumah dinasnya di Jalan Brawijaya VIII Nomor 30, Jakarta Selatan. Dia langsung meninggalkan rumah dinas pagi-pagi buta.

Merdeka.com lantas mencoba menghubung nomor ponselnya. Dengan nada ramah, Arcandra langsung merespons permintaan wawancara. “Halo,” ucap Arcandra di ujung telepon, saat dihubungi, Selasa (16/8).

Sayangnya, Arcandra mengaku ada beberapa aktivitas yang dilakukannya. “Saya masih ada aktivitas, nanti hubungi kembali ya,” ujar Arcandra.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo resmi mencopot Arcandra Tahar dari posisi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Pencopotan Arcandra menyusul polemik dwikewarganegaraan.

“Menyikapi pertanyaan-pertanyaan publik terkait dengan status kewarganegaraan Menteri ESDM saudara Arcandra Tahar, dan setelah memperoleh informasi dari berbagai sumber, presiden memutuskan untuk memberhentikan dengan hormat saudara Arcandra Tahar dari posisi sebagai menteri ESDM,” kata Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Posisi Arcandra untuk sementara diisi Menko kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan. Luhut ditunjuk sebagai pelaksana tugas Menteri ESDM.

“… Dan menunjuk saudara Luhut Binsar Pandjaitan, Menko Kemaritiman, sebagai pelaksana tugas wewenang dan tanggung jawab sampai dengan diangkatnya menteri ESDM definitif. Efektif diberhentikan mulai besok pagi karena ditetapkan malam ini,” katanya singkat dalam jumpa pers di Istana Negara, Senin (15/8).